Temuan KI, KD dan Indikator Akidah-Akhlak di MTs

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Hallo apa kabar teman-teman 👐

Nama : Salma Nur Nafisah

Nim.   : 193111007

Kelas. : 5A PAI 

" KI, KD dan Indikator pada mata pelajaran Akidah-Aklak di MTs "


A. Pengertian kompetensi inti.

Kompetensi inti dapat diartikan sebagai kualitas yang harus dicapai seorang peserta didik agar proses pembelajaran lebih aktif. Kompetensi inti merupakan suatu yang mengoperasikan standard kelulusan dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan pada suatu satuan pendidikan tertentu pada waktu tertentu, kompetensi inti mencakup aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu pendidikan, kelas dan pembelajaran.
Menurut Permendikbud No.24 tahun 2016 kompetensi inti merupakan kemampuan untuk mencapai tingkat standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik.
Kompetensi inti terdiri atas 4 aspek yaitu 
1.Kompetensi inti (KI 1), memuat sikap spiritual.
2.Kompetensi inti 2 (KI 2) berisi sikap sosial.
3.Kompetensi inti 3 (KI 3 berisi pengetahuan.
4.Kompetensi inti 4 (KI 4) berisi keterampilan.

B. Kompetensi Dasar.

Kompetensi dasar merupakan suatu kemampuan spesifik yang memuat sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam suatu proses pembelajaran. Sejumlah kemampuan yang dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu merujuk pada penyusunan indikator pembelajaran. Kompetensi dasar berisi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki dan dikuasai peserta didik menunjukkan bahwa mereka menguasai standar kompetensi yang ditetapkan.
Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Langkah-langkah perumusan KD 

~guru mengambil pedoman dari KI dan KD yang telah disusun oleh BSNP.
~ Guru memilih KI dan KD yang telah ditumuskan oleh BSNP pada setiap mata pelajaran.
~ setelah KI dan KD dipilih lalu merujuk pada proses analisis dasar.
~menjabarkan kompetensi yang dimaksud harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa agar SK dapat dicapai serta daftar baik menyangkut pengetahuan, sikap dan keterampilan.
~ tulislah rumusan kompetensi dasarnya.

Kolom nilai yang dilakukan penilaian adalah dalam kolom : 

✓ kognitif
✓ afektif
✓ psikomotorik
✓ KKO ( kata kerja operasional)tingkat kompetensi dalam proses pembelajaran.

Dalam penyusunan KI, KD dan Indikator menggunakan acuan Pembelajaran Akidah-Akhlak di MTs sesuai dengan KMA tahun 183 tahun 2019.

C. Indikator pembelajaran.

Dalam pembelajaran juga terdapat pula indikator, dimana indikator merupakan suatu yang dapat dijadikan acuan memberikan atau menjadi petunjuk keterangan. Suatu penanda yang digunakan dalam pencapaian kompetensi dasar secara spesifik diukur berdasarkan pada tujuan tercapai nya  pembelajaran.
Indikator adalah perilaku yang dapat diukur atau dinilai dalam suatu pembelajaran dengan cara observasi untuk menunjukkan ketercapaian KD tertentu untuk menilai proses pembelajaran. Maka guru harus merumuskan indikator sesuai dengan kaidah-kaidah serta menggunakan kata kerja operasional yang berarti kata kerja yang berimplikasi pada terjadinya suatu perilaku pada peserta didik sehingga perilaku tersebut dapat mudah diamati oleh guru.
Indikator dirumuskan dengan KKO yang adapat diukur sebagai instrumen penilaian.

Untuk merumuskan indikator maka perlu

1.Mengacu pada KD dan materi pembelajaran
2. KKO yang sama atau lebih rinci
3. Tiap KD ada 3 atau 4 indikator
4.Cakupan lebih sempit dari pada kompetensi dasar
5. Cakupan materi lebih sedikit ketimbang standar materi
6. Tiap indikator terdapat pembagian 3 atau 4 soal.

Adapun dalam mengembangkan indikator harus memperhatikan : 

🔖 Tujuan Kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang dapat digunakan dalam KD
🔖karakteristik mata pelajaran, peserta didik dan sekolah
🔖Kompetensi kebutuhan peserta didik terhadap masyarakat dan lingkungan daerah setempat

Tujuan indikator pembelajaran

a.Sebagai pedoman dan pengembangan materi pembelajaran.
b.Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.
c. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.
d.Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

D. Temuan kompetensi inti, kompetensi dasar dan indikator dalam pelajaran Akidah-Akhlak di MTs.

Kurikulum yang dipakai adalah memakai kurikulum 2013 dengan dasar KMA 183 tahun 2019. Dalam aspek ini Akidah-Akhlak di MTs memuat beberapa materi pokok yakni akidah, akhlak terpuji, akhlak tercela adab dan kisah teladan. 

Dalam penjelasan ini terdapat rumusan mengenai pengambilan contoh yakni kelas VII semester ganjil dengan KI, KD dan Indikator dalam perencanaan RPP disusun dengan kaidah-kaidah penulisan yang telah ditentukan serta dengan menggunakan kata kerja operasional. Dengan materi sholat, dzikir, adab sholat dan dzikir, hikmah sholat dan dzikir .

a. Kompetensi Inti 

KI.1 = Menghargai dan menghayati ajaran      agama yang dianutnya
KI.2 = Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi gotong royong),santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan   keberadaannya
KI.3 = Memahami pengetahuan (faktual,          konseptual, dan prosedural)berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait 
fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4  = Mencoba, mengolah dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, 
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, 
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang 
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori

b. Kompetensi Dasar

1.4 Menghayati adab sholat dan dzikir sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt.
2.4 Mengamalkan perilaku patuh dan disiplin sebagai implementasi adab sholat dan dzikir
3.4 Menerapkan adab dan fadlilah sholat dan dzikir (Istighfar, Shalawat dan Laa 
ilaaha illallaah)
4.4 Mempraktikan adab shalat dan dzikir

c. Indikator

1.4.1 Menyakini adab sholat dan dzikir sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah Swt
2.4.1 Membiasakan perilaku patuh dan disiplin sebagai implemetasi adab sholat dan dzikir
3.4.1 Menjelaskan pengertian adab shalat dan dzikir
3.4.2 Mengidentifikasikan dalil tentang adab shalat dan dzikir
3.4.3 Menjelaskan tentang adab-adab shalat dan dzikir
3.4.4 Menyebutkan hikmah perilaku orang yang melakukan adab-adab shalat dan dzikir
4.4.1 Mempraktikkan adab shalat dan dzikir

d. Uraian Materi 

1. Pengertian Shalat 

Shalat menurut bahasa Arab berasal dari kata ( لةَّصا ) َyang memiliki arti doa. Adapun 
pengertian shalat menurut bahasa merujuk pada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut istilah syara' shalat adalah suatu ibadah yang tersusun dari beberapa perkataan dan beberapa perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan salam dan memenuhi syarat dan rukun tertentu.

2. Pengertian Dzikir

Dzikir merupakan sarana untuk berkomunikasi langsung seorang hamba kepada Sang Pencipta, Allah Swt. Tidak ada ketenteraman yang sejati kecuali dengan mengingat (dzikir) kepada Allah Swt. Kata dzikir berasal dari bahasa Arab "dzakara", yang berarti mengingat atau menyebut. Menurut istilah, dzikir adalah mengingat Allah dengan cara menyebut sifat-sifat keagungan Allah Swt. dan memuliakan-Nya.

3. Adab sholat dan dzikir

📌 Adab sholat 
~ khusyuk
~ dengan hati yang         
~ ikhlas
~ menjaga waktu dan batasnya
~ menjaga kebersihan.
~ memakai pakaian terbaik

📌 Adab dzikir
~ ikhlas
~ merendahkan suara
~ mencoba memahami maknanya
~ tempat yang digunakan suci dan sunyi
~ memakai wangian

4. Hikmah Shalat dan Berdzikir 

🌻 Hikmah shalat

1) Mendidik disiplin dan menghargai waktu.
2) Menjadikan hati tenang, karena salat merupakan hubungan antara hamba 
dengan pencipta-Nya.
3) Menyadarkan manusia tentang hakikat dirinya yang merupakan hamba 
Allah Swt. 
4) Menanamkan nilai tidak ada yang memberi kenikmatan dan pertolongan 
selain Allah Swt.
5) Dapat menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar.
6) Dalat dapat menjauhkan diri dari sifat sombong.

🌻Hikmah dzikir

Dengan berzikir manusia diharapkan dapat memikirkan dan mengukur diri, 
apakah perbuatannya sudah sesuai dengan perintah Allah Swt. atau justru 
melanggar laranganNya Banyak sekali manfaat zikir yang dapat kita rasakan, 
antara lain sebagai berikut: 
1) Membuat orang lebih bersemangat untuk berusaha. 
2) Hati menjadi tenang. 
3) Bersabar dan ulet dalam menghadapi masalah apa pun. 
4) Mempunyai harapan-harapan hidup yang tersimpan dalam jiwa. 
5) Menjadikan diri ini semakin dekat dengan Sang Pencipta.
6) Menjadikan diri kita sebagai orang yang rendah hati dan tidak sombong.
7) Semakin arif dan bijaksana dalam menyikapi permasalahan apa pun 
yang kita hadapi.

Opini 
Seorang pendidik harus selalu dan dapat merancang proses pembelajaran dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai maka perlu tau tentang unsur yang harus ada dalam pembelajaran yakni KI, KD dan indikator. Ketiganya saling memperkuat kepahaman siswa dan sangat mempengaruhi proses pembelajaran.
Kompetensi inti sendiri merupakan suatu yang harus dicapai peserta didik atau bisa disebut dengan nilai lulusan, kompetensi dasar merupakan kemampuan minimum dalam pencapaian Pendidikan pada mata pelajaran tertentu, lalu indikator adalah suatu yang menjadi tolak ukur pencarian kompetensi dasar dan spesifikasi ukuran tujuan pembelajaran.
Seorang guru tentu harus tau dan tidak asing dengan penggunaan unsur tersebut hingga pada memahami untuk proses  pembelajaran yang akan di capai untuk mengajar, guru selalu punya patokan dalam pembuatan bahan ajar serta media pembelajaran khususnya, serta membuat soal dan materi harus sesuai prosedur dan aturan-aturan tidak bisa memilih materi sendiri sesuka hati. Karena pemerintah khususnya kementerian pendidikan dan kebudayaan  juga telah membuatkan rambu-rambu sebagai pedoman untuk mengajar.
Hal tersebut dibuat agar tercapai nya tujuan pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan silabus serta sesuai dengan standar nasional pendidikan salah satunya adalah standar kelulusan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tokoh-tokoh Tasawuf dari masa klasik, abad pertengahan,modern dan kontemporer

BAB 1 : ISLAM WASATHIYAH - AKIDAH AKHLAK ( X SMT GENAP)

PIWULANGAN 1 : BAHASA JAWA (XI SMT GENAP)